Pages

Sabtu, 12 Mei 2012

3 dosa

Rasulullah pernah bersabda ada 3 dosa yang perlu untuk dihindari oleh umatnya yakni :
  1.  Kesombongan (al-Kibr). Kesombongan merupakan suatu dosa yang menyebabkan Iblis laknatullah dikeluarkan dari surga. Ia tidak mau tunduk pada perintah Allah SWT untuk melakukan sujud kepada Nabi Adam as. karena ia merasa proses penciptaan dirinya yang dari unsur Api lebih mulia daripada proses penciptaan Nabi Adam as. yang dari unsur tanah. Iblis sombong, karena itu Allah mengutuk Iblis dan mengeluarkannya dari Surga. 
  2. Serakah (Thama'). Kita mengenal Sosok Qarun sebagai seorang yang kaya raya pada masa Nabi Musa as. namun karena ketamakannya tidak pernah mensyukuri nikmat Allah SWT dan tidak mengakui kalau kekayaan yang ia terima adalah karunia dari Allah ia ditenggelamkan bersama hartanya kedalam perut bumi. sehingga kita mengenal istilah harta Qarun untuk setiap harta terpendam yang ditemukan.
  3. Iri hati (Hasad). Iri hati merupakan penyakit hati yang perlu untuk kita jauhi, Rasulullah pernah bersabda dalam haditsnya yang artinya : " Jauhilah sifat dengki/iri hati, karena ia dapat menghapuskan amal kebajikan sebagaimana api yang memakan kayu bakar ". Perlu untuk kita ingatkan kembali sejarah telah mencatat bahwa pertumpahan darah yang pertama dikalangan bani adam adalah peristiwa pembunuhan antara Qabil dan Habil. ini terjadi karena penyakit iri hati yang diderita Qabil terhadap Habil karena mendapatkan pasangan yang tidak sesuai dengan selera hatinya. Padahal itu semua merupakan perintah Allah SWT untuk melakukan pernikahan silang antara saundaranya.
semoga kita terjauhkan dari dosa-dosa ini. Allahumma Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar